Penyebab Kipas Radiator Jupiter MX Sering Menyala

Penyebab Kipas Radiator Jupiter MX Sering Menyala

ucupoca - Di gerombolan -kelompok otomotif facebook contohnya, poly yg menanyakan kenapa ini kipas radiator aku cepat nyala, kipas radiator ane kok cepat nyala ya gan?, normal gak bro jalan belum jauh-jauh amat ni kipas radiator udah nyala aja?, dan sebagainya.

Gejala ini sebenarnya gak kenal sama motor tua, yg paling baru bahkan pada semua tunggangan yg menggunakan radiator. Kipas radiator nyala berarti mesinnya kepanasan akan namun pendinginan kurang. Tapi apabila panasnya terlalu cepat kan aneh yak.

Sebenarnya kasus ini ada dua, satu kipas cepat nyala, satunya lagi gak nyala-nyala sama sekali hahaha (maaf ketawa :v).

Kipas yang cepat menyala berdasarkan umumnya selalu thermostat rusak yg jadi kambing hitam, padahal, belum tentu kambingnya warna hitam, mampu saja warna coklat atau putih. Walaupun bisa jadi memang kambingnya warna hitam dan thermostatnya pula rusak (awokeawekowkaow :v).

(On the spot style) Dan berikut, beberapa penyebab kipas radiator sering menyala yang sudah fz rangkum pada 6 hal, apa saja? Saksikan selengkapnya..

Nb : gambarnya punya vixion, secara sistem radiator sama saja, apalagi yg mx king :v

  • Penggunaan cover radiator yangterlalu rapat

Yaps, penggunaan cover radiator perlu buat melindungi kisi-kisi radiator yang mudah banget bengkok jikalau kena benda asing, macam batu contohnya. Jika terali radiator bengkok maka genre udara jadi terganggu.

Ya akan tetapi jangan dilupain juga kalau cover yg ditugaskan pemilik buat ngejagain si kisi-kisi imut ini jangan terlalu milub (minim lubang :v). Jadi sama aja kayak kisi-kisinya bengkok, anginnya susah lewat, malah lebih parah.

Efek negatifnya banyak jika cover terlalu milub, galat satunya kipas radiator cepat nyala lantaran mesin kepanasan. Efek lainnya? Kipas radiator meleleh, terali radiator sanggup gosong & mesin cepat

panas.

  • Pengaruh suhu dalam lingkungan lebih kurang

Kalau ini niscaya seluruh rider ngerasain perbedaan riding saat cuaca panas gimana, cuaca dingin atau pas lagi hujan atau malam rasa motornya gimana. Walau gak seluruh, jika cuaca lagi panas terasa mesin kayak kasar gitu.

Sebaliknya pas lagi kena cuaca dingin mesin terasa lembut

  • Socket thermostat kendor/lepas atauthermostat rusak

Kalau socket ini lepas atau kendor sih kayaknya jarang aja ya, tapi siapa tau mungkin ada yang usil kan? eh takutnya kabelnya putus :v

Yaps.. jika socket lepas, begitu mesin menyala kipas radiator juga langsung nyala, wah ngeri kan? belum apa-apa udah nyala :v

Lanjut,thermostat jika rusak, mesin akan cepat mencapai suhu kerja, jika sudah sampai suhu kerja, maka air harus bersirkulasi ke radiator. Namun apa daya bubur telah menjadi nasi, thermostatnya macet :v. Akibatnya? mesin cepat panas kipas radiator juga cepat nyala walaupun baru jalan beberapa ratus meter.

  • Penggunaan oli mesin yang kurang tepat

Kurang tepat maksudnya kekentalannya yang tidak sesuai spesifikasi mesin, misal biasanya mesin minumannya 10w-40 di kasih yang lebih kental dari itu. Efeknya kinerja mesin jadi berat auto mesin cepat panas kipas juga ikutan nyala.

Pada oli yang sesuai standar, oli juga berperan sebagai pendingin mesin. Nah kalau makai yang lebih encer, ditakutkan ketahanan oli kurang terhadap panas. Efeknya kinerja mesin jadi berat auto mesin cepat panas kipas juga ikutan nyala juga. Boleh pakai oli merk lain, tapi sesuaikan dengan kode standar mesinnya.

Follow akun instagram ucupoca di@_ucupoca.. Thankyou..

About ucupoca

Seorang lelaki yang terlahir terlanjur ganteng maksimal. Terus berusaha memajukan ucupoca agar menjadi salah satu website otomotif terbaik untuk para pembaca fzm yang tercinta.

Related Posts